Analisis Menentukan Gaya Belajar Siswa Kelas XII-1 Administrasi Perkantoran dengan Metode Certainty Factor Di SMK Cahaya
Keywords:
Sistem Pakar, Certainty Factor, Gaya BelajarAbstract
Sistem pakar merupakan program komputer yang dipergunakan dalam simulasi kognitif seperti seorang pakar atau ahli dalam bidang tertentu. Sistem pakar baiknya dilengkapi dengan sebuah metode yang dapat memberi nilai kepastian pada output dari sebuah sistem, metode yang bisa diterapkan dalam menghitung sebuah nilai ketidakpastian dari output sistem salah satunya adalah metode CF (Certainty Factor). Dengan metode CF ini peneliti bisa menentukan gaya belajar yang cocok untuk siswa. Gaya belajar merupakan kecenderungan siswa dalam mengamati dan mempelajari suatu hal. Perbedaan individu seringkali diabaikan, dalam kegiatan belajar siswa. Perbedaan gaya belajar setiap individu sering kali kurang di perhatikan oleh instansi pendidikan. Gaya belajar merupakan hal penting yang harus diperhatikan, karena gaya belajar seorang siswa merupakan tata cara yang menjadi ciri siswa didalam menyimak, mengolah dan merumuskan informasi apa saja yang telah disampaikan oleh guru. Gaya belajar seorang siswa diantaranya yaitu gaya belajar visual dengan pembelajaran melalui gambar atau denah, gaya belajar auditory dengan mengingat semua informasi dan gaya belajar kinestetik dengan belajar melalui praktek langsung
References
Awaludin, R. F., Muslih, M., & Saepudin, S. (2021). Perancangan Aplikasi Otomatisasi Identifikasi Gaya Belajar Siswa Berbasis Web. InfoTekJar: Jurnal Nasional …, 1. Retrieved from http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/article/view/4091
Hellosehat.com. (2022). PERKEMBANGAN ANAK USIA 18 TAHUN. Perkembangan Anak Usia 18 Tahun, 59.
Magfira, F., & Nurcahyo, G. W. (2020). Sistem Pakar Menggunakan Metode Certainty Factor untuk Mengidentifikasi Penyakit pada Hewan Peliharaan. Jurnal Informasi Dan Teknologi, 2, 89–96. https://doi.org/10.37034/jidt.v2i3.68
Mulia, H. R. (2019). Pembelajaran Berbasis Multimedia: Upaya Memahami Keberagaman Gaya Belajar Anak. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(2), 144. https://doi.org/10.25078/jpm.v5i2.857
Rahmi, M. N., & Samsudi, M. A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sesuai dengan karakteristik Gaya Belajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 355–363. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.439
Soewono, R., Gernowo, R., & Sasongko, P. S. (2014). Sistem Pakar Identifikasi Modalitas Belajar Siswa Dengan Implementasi Algoritma C4.5. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 4(1), 20–27. https://doi.org/10.21456/vol4iss1pp20-27
Sri Mulyani, E. D., Uryani, N. S., & Nur’aeni, I. (2018). Aplikasi Pakar Untuk Mengidentifikasi Karakteristik Gaya Belajar Dengan Menerapkan Modalitas Vark. Voice Of Informatics, 7(1), 1–10.
Wulandari, R., Padeli, P., & Kamil, R. M. (2019). Sistem Pakar Untuk Orang Tua Dalam Mengetahui Gaya Belajar Anak Sesuai Tahap Perkembangan. ICIT Journal, 5(1), 94–106. https://doi.org/10.33050/icit.v5i1.106
Yulianti, W. Y., Trisnawati, L., & Manullang, T. (2019). Sistem Pakar Dengan Metode Certainty Factor Dalam Penentuan Gaya Belajar Anak Usia Remaja. Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(2), 120–130. https://doi.org/10.31849/digitalzone.v10i2.2781
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rosalinda, Fahmi Arzalega , Ryan Kamil, Asrul Sani
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.