Pelatihan Pembuatan Blog Menggunakan Wordpress Untuk Santri

Penulis

  • Tyas Setiyorini Universitas Nusa Mandiri
  • Albert Riyandi Universitas Nusa Mandiri
  • Maryanah Safitri Universitas Nusa Mandiri
  • Nurajijah Universitas Nusa Mandiri

Kata Kunci:

Pembuatan Blog, Faizul Haq, Santri

Abstrak

Dalam kegiatan kesehariannya baik santri maupun ustad dan ustadzah memanfaatkan fasilitias yang ada diinternet terutama dalam berkomunikasi. Salah satu pemanfatan internet adalah dengan pembuatan blog menggunakan wordpress. Blog juga bisa dimanfaatkan santri untuk belajar dan melatih menulis di media online, sehingga lebih memudahkan santri dalam hal berkreasi dan berbagi tentang ilmu yang didapatkan di majlis ta’lim bisa dapat langsung dituangkan dalam bentuk tulisan. Media baru ini membantu menyediakan template yang dapat digunakan dengan mudah dan desain yang sangat menarik. Saat ini santri belum pernah mendapatkan dan diperkenalkan pengetahuan tentang bagaimana menulis di media online. Pemanfaatan ini tinggal mengasah kreatifitas para santri sehingga dapat digunakan secara maksimal. CMS merupakan sebuah sistem yang memberikan kemudahan kepada para penggunanya dalam mengelola dan mengadakan perubahan isi dalam sebuah website dinamis tanpa dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis sebelumnya. Adapun metode yang digunakan adalah metode tutorial, metode tanya jawab dan metode praktik, dimana hasil dari kegiatan ini adalah santri memiliki blog pribadi yang berisi materi tentang ilmu pengetahuan agama yang mereka dapatkan di majlis ta’lim.Semoga dengan adanya pengabdian masyarakat ini,  mampu memberikan tambahan ilmu pengetahuan tentang teknologi bagi para santri khususnya dalam mengenal blog serta bagaimana implementasinya menggunakan wordpress.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Al, S. M. A., & Perbaungan, W. (2019). Penerapan Teknik Workshop Pada Pembuatan Blog Bagi Pemula Di Sma Al Washliyah 12 Perbaungan. 2, 14–18.

Hartanti, D. (2023). Pelatihan Pembuatan Blog Untuk Meningkatkan Skill TIK Anak Yatim Yayasan Dulur Salemburac. 3(1), 41–48.

Kristianto, I., & Santoso, M. (2023). Pelatihan Pembuatan Blog / Website Pribadi Gratis Untuk Siswa Di SMPN 4 Tangerang Selatan. 2(5), 533–538.

Mandiri, P. (2021). Pelatihan Pembuatan Website Menggunakan Cms (Content Management System) Joomla Pada Smk Bina Putra Mandiri Risah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tekno, 1(2), 61–66. https://www.dmi-journals.org/jai/article/view/80

Membuat, P., Sebagai, B., Pembelajaran, M., & Guru, U. (2023). Pelatihan Membuat Blog Sebagai Media Pembelajaran Untuk Guru Raudhatul Athfal dan Madrasah Ibtidaiyah di Yayasan Baitul Ulum. 5(2), 83–86. https://doi.org/10.24853/jpmt.5.2.83-86

Pabunga, D. B., & Saputra, H. N. (2020). Pelatihan Pembuatan Blog Sebagai Media Dalam Pembelajaran SMK. 2(1), 336–344. http://journal.upy.ac.id/index.php/lppm/article/view/655

Persada, G. N., & Sianggian, P. (2022). Pelatihan Pembuatan Website Pribadi Dengan CMS (Content Management System) Pada Sma Negeri 10 Kota Tangerang Selatan. 595–602.

Ridwan, M., Hidayati, L., Fauzi, A. A., Agustini, D., Alfian, & Utama, E. (2022). Pelatihan Pembuatan Blog Menggunakan Blogger Pada Remaja Masjid Jami’ Al-Umary Di Desa Kelayu Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(8), 1557–1562.

Sembadra, P., Sriwijaya, U., Febianti, K., & Wahyuni, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa Melalui Media Blog. 2(1), 24–28.

Ushud, A. A. A., Novita, I., & Juliasari, N. (2021). Pelatihan Pemanfaatan CMS Untuk Pembuatan Website Bagi OrangTua Siswa Sekolah Alam Tangerang. 2(1), 20–25.

Wulan, R., Saputra, E., & Haries, A. (2020). Pengembangan Pelatihan Pembuatan Blog Dengan Blogspot Dan Wordpress Sebagai Sarana Informasi Dan Koordinasi Karang Taruna Dan Remaja Masjid. 3(1), 107–113.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-08

Cara Mengutip

Setiyorini, T., Riyandi, A., Safitri, M., & Nurajijah. (2023). Pelatihan Pembuatan Blog Menggunakan Wordpress Untuk Santri. Jurnal Pengabdian Kreatif Cemerlang Indonesia, 2(1), 53–58. Diambil dari https://ejournal.kreatifcemerlang.id/index.php/abdimas/article/view/148

Terbitan

Bagian

Artikel