Optimalisasi E-Commerce dalam Peningkatan Pendapatan Pelaku UMKM

Penulis

  • Rahma Yulita STIE Mahaputra Riau
  • Destari Simanjuntak STIE Mahaputra Riau
  • Safrizal Safrizal STIE Mahaputra Riau

Kata Kunci:

Bisnis UMKM, e-commerce, pendapatan UMKM

Abstrak

Tujuan dari kegiatan pengabdian yang dilakukan dalam rangka optimalisasi e-commerce untuk peningkatan pendapatan pelaka UMKM. Melihat kondisi saat ini banyak dari pelaku usaha khususnya Mikro Kecil Mengah yang berfocus pada strategi tradional, mengingat masih rendahnya pengetahuan atas penggunaan platform bisnis yang tersedia secara gratis, serta rendahnya kualitas dari sumber daya tenaga kerja yang dimiliki. Pengabdian ini dilaksanakan di D’houseware Pekanbaru yang berlokasi di Jl. Arifin Ahmad Pekanbaru.  Metode yang digunakan dalam pengdian ini dimulai dari persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada kegiatan pengabdian ini juga dilakukan dengan metode ceramah, diskusi serta pendampingan pelaku usaha UMKM. Hasil pengabdian menunjukan bahwasanya optimalisasi e-commerce dalam peningkatan pendapatan telah dilakukan dengan pendampingan dalam pemanfaatan platform e-commerce, serta peningkatan manajemen proses recrutmen tenaga kerja.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andini, M. F., Nafiza, F. S., Fernando, L., & Yunita, N. D. (2021). Peran E-Commerce Dalam Pengoperasian UMKM di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis, 18(4), 502–522. https://doi.org/10.38043/jmb.v18i4.3285

Haryadi, W. (2021). Optimasi Pemanfaatan E-Commerce Pada Pemasaran Produk Umkm Dalam Membantu Peningkatan Pendapatan Masyarakat. Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal, 4(2), 243–248. Retrieved from http://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/jpml/article/view/462

Kusdiana, Y., Safrizal, S., Rizki, M., & Afriadi, R. (2022). Pendampingan Pelatihan Penerapan E-Commerce dalam Usaha Peningkatan Penjualan Pada Lyna Risoles. JOONG-KI : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 126–130.

Mauliza, B. N., & Sulistyawati, E. (2021). Strategi Pengembangan Umkm Melalui Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Dimasa Pandemi Covid-19. Opinia de Journal, 1(2), 108–127. Retrieved from https://ejournal.stainumadiun.ac.id/index.php/opinia/article/view/12

Mulyani, Y. S. (2021). E-Commerce Solusi Pemasaran UMKM Dalam Mengembangkan Industri Pariwisata Di Tengah Pademi Covid-19 (Studi Kasus UMKM di Kota Tasikmalaya). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(2), 131–141. https://doi.org/10.31294/khi.v12i2.11293

Noviana, T. N., Rahmat, D., & Nuryusuf, P. (2022). Optimalisasi Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran UMKM Pasca Pandemi Covid-19 di Desa Parungsueah Kabupaten Sukabumi. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 12–23. Retrieved from https://ejournal.uksw.edu/jms/article/view/7582

Safrizal, Nuryirwan, M. Hafizh Anbiya, Egidiah Amalia, Rudi Antoro, Jeni Idia, … Ade Dwi Lestari. (2022). Pemberdayaan Keterampilan Melalui Pelatihan Pembuatan Produk Hasil Pertanian Sebagai Upaya Meningkatkan Ekonomi Masyarakat. Jurnal Abdi Masyarakat Multidisiplin, 1(2), 56–60. https://doi.org/10.56127/jammu.v1i2.209

Safrizal, Y. (2023). Strategi Pengelolaan Keuangan Dalam Keberhasilan Usaha Umkm Paska Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Usaha Arang Beriket Batok Kalapa di Desa Margorejo Pati). Journal of Accounting, Finance, and Auditing, 5(1), 189–198. Retrieved from http://jurnal.uts.ac.id/index.php/jafa/article/view/2628

Surani, M., Hidayati, K., Haque, M. H., & Febrianita, R. (2022). Pelatihan E-Commerce pada UMKM sebagai Penunjang kegiatan Promosi da Pemasaran di Kelurahan Kandagan, Kota Surabaya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 270–276. Retrieved from https://ojs.atds.ac.id/index.php/karyaunggul/article/view/127

Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746

Yanuarti, E., Romadiana, P., & Kiswanto, K. (2022). Model Web E-Commerce Guna Memperluas Pemasaran Produk Furniture. Jurnal SITECH : Sistem Informasi Dan Teknologi, 4(2), 165–172. https://doi.org/10.24176/sitech.v4i2.6903

Yusvita Aprilyan, Elin Erlina Sasanti, & Isnawati. (2022). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 2(2), 292–306. https://doi.org/10.29303/risma.v2i2.216

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-02

Cara Mengutip

Yulita, R., Simanjuntak, D., & Safrizal, S. (2023). Optimalisasi E-Commerce dalam Peningkatan Pendapatan Pelaku UMKM. Jurnal Pengabdian Kreatif Cemerlang Indonesia, 2(1), 7–12. Diambil dari http://ejournal.kreatifcemerlang.id/index.php/abdimas/article/view/140

Terbitan

Bagian

Artikel