Optimalisasi E-Commerce dalam Peningkatan Pendapatan Pelaku UMKM
Kata Kunci:
Bisnis UMKM, e-commerce, pendapatan UMKMAbstrak
Tujuan dari kegiatan pengabdian yang dilakukan dalam rangka optimalisasi e-commerce untuk peningkatan pendapatan pelaka UMKM. Melihat kondisi saat ini banyak dari pelaku usaha khususnya Mikro Kecil Mengah yang berfocus pada strategi tradional, mengingat masih rendahnya pengetahuan atas penggunaan platform bisnis yang tersedia secara gratis, serta rendahnya kualitas dari sumber daya tenaga kerja yang dimiliki. Pengabdian ini dilaksanakan di D’houseware Pekanbaru yang berlokasi di Jl. Arifin Ahmad Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam pengdian ini dimulai dari persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada kegiatan pengabdian ini juga dilakukan dengan metode ceramah, diskusi serta pendampingan pelaku usaha UMKM. Hasil pengabdian menunjukan bahwasanya optimalisasi e-commerce dalam peningkatan pendapatan telah dilakukan dengan pendampingan dalam pemanfaatan platform e-commerce, serta peningkatan manajemen proses recrutmen tenaga kerja.
Unduhan
Referensi
Andini, M. F., Nafiza, F. S., Fernando, L., & Yunita, N. D. (2021). Peran E-Commerce Dalam Pengoperasian UMKM di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis, 18(4), 502–522. https://doi.org/10.38043/jmb.v18i4.3285
Haryadi, W. (2021). Optimasi Pemanfaatan E-Commerce Pada Pemasaran Produk Umkm Dalam Membantu Peningkatan Pendapatan Masyarakat. Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal, 4(2), 243–248. Retrieved from http://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/jpml/article/view/462
Kusdiana, Y., Safrizal, S., Rizki, M., & Afriadi, R. (2022). Pendampingan Pelatihan Penerapan E-Commerce dalam Usaha Peningkatan Penjualan Pada Lyna Risoles. JOONG-KI : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 126–130.
Mauliza, B. N., & Sulistyawati, E. (2021). Strategi Pengembangan Umkm Melalui Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Dimasa Pandemi Covid-19. Opinia de Journal, 1(2), 108–127. Retrieved from https://ejournal.stainumadiun.ac.id/index.php/opinia/article/view/12
Mulyani, Y. S. (2021). E-Commerce Solusi Pemasaran UMKM Dalam Mengembangkan Industri Pariwisata Di Tengah Pademi Covid-19 (Studi Kasus UMKM di Kota Tasikmalaya). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(2), 131–141. https://doi.org/10.31294/khi.v12i2.11293
Noviana, T. N., Rahmat, D., & Nuryusuf, P. (2022). Optimalisasi Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran UMKM Pasca Pandemi Covid-19 di Desa Parungsueah Kabupaten Sukabumi. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 12–23. Retrieved from https://ejournal.uksw.edu/jms/article/view/7582
Safrizal, Nuryirwan, M. Hafizh Anbiya, Egidiah Amalia, Rudi Antoro, Jeni Idia, … Ade Dwi Lestari. (2022). Pemberdayaan Keterampilan Melalui Pelatihan Pembuatan Produk Hasil Pertanian Sebagai Upaya Meningkatkan Ekonomi Masyarakat. Jurnal Abdi Masyarakat Multidisiplin, 1(2), 56–60. https://doi.org/10.56127/jammu.v1i2.209
Safrizal, Y. (2023). Strategi Pengelolaan Keuangan Dalam Keberhasilan Usaha Umkm Paska Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Usaha Arang Beriket Batok Kalapa di Desa Margorejo Pati). Journal of Accounting, Finance, and Auditing, 5(1), 189–198. Retrieved from http://jurnal.uts.ac.id/index.php/jafa/article/view/2628
Surani, M., Hidayati, K., Haque, M. H., & Febrianita, R. (2022). Pelatihan E-Commerce pada UMKM sebagai Penunjang kegiatan Promosi da Pemasaran di Kelurahan Kandagan, Kota Surabaya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 270–276. Retrieved from https://ojs.atds.ac.id/index.php/karyaunggul/article/view/127
Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746
Yanuarti, E., Romadiana, P., & Kiswanto, K. (2022). Model Web E-Commerce Guna Memperluas Pemasaran Produk Furniture. Jurnal SITECH : Sistem Informasi Dan Teknologi, 4(2), 165–172. https://doi.org/10.24176/sitech.v4i2.6903
Yusvita Aprilyan, Elin Erlina Sasanti, & Isnawati. (2022). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 2(2), 292–306. https://doi.org/10.29303/risma.v2i2.216
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Rahma Yulita, Destari Simanjuntak, Safrizal Safrizal
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.